CEK NOMOR NOTA ANDA DISINI !!

Cara Mengatasi HP Kena Air Baterai Tanam

Cara Mengatasi HP Kena Air

Cara Mengatasi HP Kena Air Baterai Tanam
- Ada 1 masalah yang sering dialami pengguna HP saat musim penghujan seperti sekarang. Yakni HP rusak karena terkena air.

HP memang sebuah elektronik yang compact, sangat memungkinkan untuk dibawa kemana-mana. Yang apes, kalau kita diperjalanan dan tiba-tiba hujan lebat, HP yang kita bawa bisa terkena air dan rusak.

Mengatasi HP Kena Air Baterai Tanam

Kena air hujan mungkin akibat kerusakannya tidak separah HP kalau kena cairan lain yang bisa menyebabkan korosi dengan cepat, seperti air laut. Karena air laut mengandung senyawa yang bisa menyebabkan reaksi korosi pada logam lebih cepat.

Dengan kata lain, HP masih punya peluang untuk diselamatkan kalau kena air hujan. Tapi tidak menutup kemungkinan sih HP mengalami kerusakan yang cukup fatal.

Kerusakan HP Kena Air

Apa yang terjadi kalau HP kena air? HP bisa mengalami kerusakan hardware jika terkena air. Air masuk kedalam HP melalui sela-sela yang ada. Kemudian air bisa menyebabkan arus pendek alias konslet sehingga menyebabkan kerusakan pada hardware.

Contoh kerusakan HP yang kena air:
  • Mati total
  • Kerusakan komponen IC
  • Suara speaker pecah
  • Kamera mengembun
Kerusakan paling ringan HP kena air adalah kamera yang mengembun, akibat air yang masuk ke dalam lensa kamera dan menyebabkan tangkapan gambar/video menjadi buram.

Yang paling parah adalah ketika air masuk hingga kedalam bagian mesin HP, yang bisa menyebabkan konslet. Kerusakannya bisa beragam, bisa yang paling ringan menyebabkan suara speaker pecah hingga konsletnya komponen sehingga HP bisa sampai mati total.

Cara Mengatasi HP Kena Air Baterai Tanam

Kalau Sobat mengalami hal seperti ini, HP kena air, berikut mimin kasih tips agar HP bisa terselamatkan.

1. Segera Matikan HP

Sebisa mungkin usahakan untuk langsung matikan HP ketika terkena air. Hal ini untuk mencegahnya terjadinya konslet atau arus pendek yang terjadi pada komponen-komponen mesin HP. Saat HP dimatikan, maka tidak ada aliran daya listrik sehingga mencegah konslet.

2. Copot Baterai

Akan lebih baik untuk melepas baterai HP untuk memastikan bahwa benar-benar tidak ada aliran daya listrik pada mesin HP.

Bagaimana kalau HP baterai tanam? Meskipun menggunakan non-removable alias baterai yang tidak mudah untuk dilepas, ada beberapa tipe HP baterai tanam yang masih bisa dilepas baterainya meskipun dengan upaya yang lebih.

Untuk lebih detailnya kamu bisa cari video tutorial cara melepas baterai di Youtube. Misal dengan kata kunci "Cara Melepas Baterai (tipe HP kamu) atau kalau tidak ketemu bisa pakai kata kunci "How to Remove (tipe HP kamu) Battery".

Kalau ternyata sulit untuk melepas baterai HP kamu, mematikannya saja sudah cukup kok. Melepas baterai hanya untuk memastikan benar-benar tidak ada daya pada HP.

3. Keringkan HP

Jangan lupa untuk mengeringkan HP sebelum kamu menyalakannya. Bisa bisa menggunakan kain untuk membersihkan bagian luar HP dari air.

Kibas-kibaskan juga jika perlu untuk mengeluarkan air yang sudah masuk ke dalam HP. Ingat, pastikan kondisi HP sudah mati ya.

Memasukan HP ke dalam beras juga dipercaya bisa mempercepat keringnya air. Kamu juga bisa coba cara ini.

4. Perbaiki ke Tempat Service Profesional

Kalau ternyata sudah ada kerusakan yang terjadi karena HP kena air, sebaiknya segera bawa HP ke tempat service untuk perbaikan.

Untuk Sobat yang berdomisili di Malang dan sekitarnya, HPMalang.com menyediakan jasa service HP terbaik, murah, dan bergaransi loh.

Mengatasi segala kerusakan HP, termasuk kerusakan yang diakibatkan karena air.

Sebelum menggunakan jasa kami, kamu juga bisa loh konsultasi mengenai kerusakan HP yang dialami. Tanpa dipungut biaya alias gratis.

Bisa langsung datang ke tempat kita atau menghubungi via kontak berikut.

Customer Service : 

No. HP: 085731131167 (sms / telpon / WA)
E-mail : servicehpmalang@gmail.com

Alamat :
Jl. Soekarno Hatta Dalam Kavling 11, Kec. Lowokwaru Kel. Mojolangu - Kota Malang - Jawa Timur
(Belakang Pom Bensin Suhat dekat tugu PESAWAT suhat) / (Lihat di Google Maps)